Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis – Apakah Kamu senang memainkan alat musik? Sekalipun banyak orang yang menyukai musik, namun belum tentu semuanya tahu apa yang dimaksud tentang alat musik ritmis. Maka dari itu, Kami akan menyajikannya agar banyak yang bertambah wawasannya tentang alat musik yang satu ini.

Pengertian Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis adalah kategori alat musik yang dipakai untuk mengatur tempo dalam lagu. Dengan kata lain, keberadaannya sebagai pengiring irama yang menciptakan musik agar semakin harmonis

Kebanyakan alat musik yang berada dalam kategori ini dimainkan dengan cara dipukul. Meskipun demikian, ada juga yang dimainkan dengan cara lain semisal digoyangkan atau digesek.

Fungsi Alat Musik Ritmis

Apabila dirinci, setidaknya ada empat buah fungsi alat musik ritmis. Antara lain:

1. Menjadi Pengatur Tempo

Keberadaan alat musik ini menjadi semacam pemandu bagi alat-alat musik lain yang digunakan dalam suatu pertunjukan musik.

2. Menjadi Penanda untuk Pemain Musik

Perpindahan bagian dalam suatu lagu, misalnya intro, verse, serta reff juga biasanya menjadi alat musik ini sebagai penandanya. Para komposer menjadikannya tanda perpindahan.

3. Harmonisasi Alat-Alat Musik

Keberadaan alat musik ini juga dalam suatu pertunjukan musik berfungsi untuk menambahkan harmonisasi pada berbagai alat musik yang digunakan dalam pertunjukan.

4. Menjadikan Lagu Lebih Hidup

Meskipun tanpa alat musik ini mungkin suatu pertunjukan bisa tetap berjalan, namun menambahkannya akan memberikan kesan dan jiwa dari lagu sehingga lebih terasa hidup.

Baca juga: Peninggalan Kerajaan Hindu

Contoh Alat Musik Ritmis

Di lapangan, ada banyak alat musik yang terkategori jenis ritmis ini. Kami akan coba memberikan beberapa contohnya untuk Kamu. Berikut ini contoh alat musik ritmis:

1. Kendang

Alat musik ini sangat populer di Indonesia. Merupakan alat yang terbuat dari bahan yang kayu yang pada bagian tengahnya memiliki lubang. Bahan yang menutup lubangnya itu menggunakan kulit hewan-hewan tertentu seperti sapi.

Penggunaannya dilakukan dengan ditabuh oleh tangan, meski kadang juga menggunakan alat tertentu.

2. Rebana

Rebana tampak memiliki kesamaaan dengan kendang, namun secara kekhasan ia adalah alat musik khas melayu. Bentuknya lingkaran pipih yang terbuat dari kayu yang sudah dibubut, kemudian salah satu sisinya dilapisi kulit hewan.

Dalam berbagai pertunjukan melayu dan islami, rebana sering digunakan sebagai pengiring. Semisal dalam hadroh.

3. Ketipung

Ketipung juga secara bentuk menyerupai kendang. Meski yang berbeda adalah dari sisi ukurannya yang lebih kecil. Bahannya sendiri sama, yakni dari kayu yang mengalami proses pembubutan lalu dilubangi bagian tengahnya.

Alat ini juga digunakan untuk berbagai pertunjukan. Mulai dari melayu, keroncong, hingga dangdut.

4. Timpani

Orang Indonesia mungkin asing dengan alat musik ini. Hal itu karena timpani adalah alat musik ritmis dari Eropa yang berkembang mulai sekitar abad kelima belas. Wujudnya menyerupai drum dalam bentuk yang lebih besar dengan bahan fiber atau tembaga.

Orang-orang Eropa dalam berbagai pertunjukannya, seringkali menggunakan alat ini sebagai pengiringnya. Sehingga lebih terasa hidup dan menyenangkan.

5. Marakas

Jika Kamu akrab dengan berbagai jenis tarian dari Amerika Selatan seperti salsa, mestinya Kamu akrab juga dengan marakas. Mengingat alat ini sering digunakan sebagai pengiring tarian tersebut.

Marakas adalah alat musik yang menghasilkan suara yang rincik ketika digunakan dengan cara digoyang-goyang. Sehingga ia kerap mengiring berbagai aktivitas warga Amerika Latin dalam suasana yang menyenangkan.

Demikianlah pembahasan tentang alat musik ritmis, baik pengertian, fungsi, serta contoh-contohnya. Semoga bermanfaat ya teman-teman.