Contoh Alat Musik Tradisional

Gramadogolfclub –¬†Ternyata tidak sedikit dari beberapa contoh alat musik tradisional Indonesia yang dikenal oleh dunia. Bagaimana tidak, setiap alat musik tradisional memiliki ciri khas yang unik dengan suara memukau.

Tentunya ciri khas tersebut identik dengan daerah asal alat musik itu sendiri.

Alat Musik Tradisional dan Asalnya

Ketahui beberapa alat musik tradisional dan asalnya dari berbagai daerah di Indonesia.

1. Sasando

Alat musik tradisional pertama yang perlu diketahui yaitu Sasando. Alat musik Sasando terbuat dari daun lontar dengan bentuk yang hampir menyerupai harpa.

Alat musik khas tanah Rote, Nusa Tenggara Timur ini biasa dimainkan dengan cara dipetik.

2. Gambus

Alat musik tradisional gambus cukup kental dengan nuansa budaya arab, namun sebenarnya berasal dari daerah Riau. Ketika dipetik, gambus yang identik dengan adat melayu ini akan menghasilkan jenis bunyi kordofon.

Alat musik tradisional nusantara yang menjadi komponen utama dalam orkes gambus.

3. Bonang

Alat musik tradisional Bonang berasal dari Jawa Timur dan sering kali digunakan ketika acara-acara besar adat. Bonang dimainkan dengan cara dipukul untuk menghasilkan bunyi ideofon.

4. Angklung

Salah satu contoh alat musik dari Jawa Barat adalah Angklung yang dimainkan dengan cara digoyangkan. Alat musik tradisional yang terbuat dari bambu ini sudah mendunia dan diakui sebagai warisan Indonesia asli yang juga dimiliki oleh Daftar Agen Bola Terpercaya

5. Tifa

Alat musik tifa memiliki bentuk seperti kendang namun lebih panjang seperti tabung. Tifa berasal dari Maluku dan Papua yang dimainkan dengan cara dipukul.

Alat musik tradisional ini dihiasi ukiran-ukiran khas Papua dan Maluku yang unik.

6. Saluang

Saluang hampir sama dengan suling, namun alat musik tradisional yang berasal dari Sumatera Barat ini lebih sederhana. Memiliki empat lubang berurutan layaknya suling dan dimainkan dengan cara ditiup.

Biasa dimainkan bersama alat musik tradisional lain seperti talempong, serunai, rebana dan aguang.

7. Kendang

Selanjutnya contoh alat musik yang digunakan untuk mengiringi tari adalah Kendang. Selain untuk mengiringi tari Jepin Pisau, juga sering digunakan untuk mengiringi musik jazz dan kontemporer.

Alat musik asal sunda ini telah banyak digunakan orang di negeri paman syam sebagai alat musik pengiring.

8. Kecapi

Alat musik petik tradisional khas Sulawesi Barat ini akan mengeluarkan bunyi kordofon saat dimainkan. Kecapi atau Kacaping Towaine ini memiliki dua dawai dengan bentuk seperti miniatur perahu.

Alat musik kecapi mandar ini biasa digunakan untuk mengiringi syair Tolo dan Tere pada pelaksanaan upacara adat.

9. Gong

Satu lagi alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Barat dan dimainkan dengan cara dipukul. Alat pukulnya juga didesain secara khusus supaya menghasilkan suara membranofon yang sempurna.

Gong yang memiliki ukuran cukup besar ini cukup terkenal di Asia Tenggara dan Asia Timur.

10. Gamelan

Gamelan termasuk salah satu alat musik tradisional yang dipukul dan berasal dari tanah Jawa. Alat musik tradisional ini sudah cukup mendunia bahkan sampai masuk kurikulum pendidikan di Amerika Serikat dan New Zealand.

11. Gendang Melayu

Alat musik tradisional Indonesia yang kental dengan adat melayu ini berasal dari kawasan Kepulauan Bangka Belitung. Ketika dipukul akan menghasilkan suara membranofon dan menjadi komponen penting dalam musik marawis.

Tidak hanya kesabaran, bermain gendang juga membutuhkan banyak latihan dan praktik.

12. Kolintang

Alat musik tradisional asal Minahasa, Sulawesi Selatan yang dimainkan dengan cara dipukul secara ringan. Sebagai seni budaya pertama di Indonesia yang dapat memecahkan sebanyak empat rekor dunia.

Terbuat dari kayu khusus yang padat seperti kayu bandaran, wenang atau kakinik lalu disusun mendatar secara rapi.

Sudah tahu bukan, contoh alat musik tradisional yang sudah dikenal oleh dunia. Maka ini patut menjadi pelajaran bagaimana seni tradisional harus terus dilestarikan walaupun dunia sudah modern.